GIVEBACK : JURUS SAKTI MENGHINDARI DENGKI


Dengki adalah rasa benci yang diakibatkan karena iri. Dan hal inilah yang akhirnya dirasakan Saul kepada Daud. Saya katakan 'akhirnya' karena pada kenyataannya, hubungan Saul dan Daud di awal, tidak diwarnai dengan dengki-mendengki. 

Saul pernah kok menjalin hubungan baik dengan Daud! Saul menyukai mendengarkan permainan kecapi Daud. Saul mengizinkan Daud bersahabat dengan Yonatan anaknya . Saul bahkan pernah meminjamkan baju perangnya kepada Daud saat dia mau melawan Goliat si raksasa. 

Lalu apa sih sebenarnya yang menyebabkan Saul menjadi dengki? Dan bagaimana cara untuk mencegah virus 'dengki' ini menjangkit pada diri kita secara pribadi?  Berikut dua hal yang wajib kita lakukan supaya tidak dihinggapi dengki:


1. Jangan selalu mendengarkan perkataan orang

Namanya juga orang. Bisa benar tapi juga bisa salah. Jadi jangan pernah mengambil ucapan atau perkataan sesama kita mentah-mentah alias tanpa dicerna. 

Lagipula, kita punya firman TUHAN yang bisa kita pakai untuk menyaring mana perkataan orang yang sesuai dan mana yang tidak sesuai untuk kita aplikasikan dalam kehidupan.

Daripada mengambil hati dan merenungi isi nyanyian yang dia dengar, seharusnya Saul mencari suara TUHAN dan mendengarkan apa yang TUHAN katakan tentang dirinya.


I Samuel 18 : 6 - 8
 Tetapi pada waktu mereka pulang, ketika Daud kembali sesudah mengalahkan orang Filistin itu, keluarlah orang-orang perempuan dari segala kota Israel menyongsong raja Saul sambil menyanyi dan menari-nari dengan memukul rebana, dengan bersukaria dan dengan membunyikan gerincing; dan perempuan yang menari-nari itu menyanyi berbalas-balasan, katanya: "Saul mengalahkan beribu-ribu musuh, tetapi Daud berlaksa-laksa."Lalu bangkitlah amarah Saul dengan sangat; dan perkataan itu menyebalkan hatinya ...

2. Jangan pernah membandingkan diri dengan orang

Kadang kita suka lupa kalau manusia memang tidak ada yang sama. Semuanya diciptakan unik oleh TUHAN sehingga berbeda satu dengan yang lainnya. 

Nah karena memang pada dasarnya sudah berbeda, maka tidak ada gunanya kalau kita membanding-bandingkan diri kita dengan sesama. Hasilnya pasti beda karena sudah beda dari mulanya!

Daripada membandingkan dirinya dengan Daud, seharusnya Saul mensyukuri apa yang dia miliki. Mensyukuri kenyataan bahwa dia masih bisa menyumbang jasa dalam total kemenangan bangsa Israel. 

I Samuel 18 : 8 - 9
sebab pikirnya: "Kepada Daud diperhitungkan mereka berlaksa-laksa, tetapi kepadaku diperhitungkannya beribu-ribu; akhir-akhirnya jabatan raja itupun jatuh kepadanya."Sejak hari itu maka Saul selalu mendengki Daud.

Galatia 5 : 26
dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki.

Selamat menerima

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU