GIVEBACK : NOTA DALAM BERDOA


Doa adalah cara manusia berkomunikasi dengan TUHAN. Artinya kita berbicara dengan TUHAN dan juga mendengar TUHAN berbicara kepada kita. Atas dasar pengertian tersebut, berikut ada dua hal penting yang harus kita ingat sebelum kita berdoa secara pribadi kepadaNYA :

1. JANGAN MUNAFIK! 
(BERDOA ITU BUKAN UNTUK BUAT DILIHAT ORANG TAPI UNTUK DILIHAT TUHAN)

Saat kita berdoa pribadi, kita itu sedang datang kepada TUHAN. Kita mengambil upaya secara khusus untuk menghampiriNYA. Dan karena TUHAN ada dimana-mana, maka kita tidak perlu repot-repot mencari lokasi strategis supaya dapat dilihat olehNYA. Lagipula TUHAN itu tertarik melihat hati manusia. Maka dari itu, daripada memusingkan gaya tubuh kita berdoa, lebih baik kita memeriksa dan mempersiapkan hati kita agar TUHAN berkenan melihatnya.

Matius 6 : 5 - 6
"Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.
Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.

2. JANGAN BERTELE-TELE!
(BERDOA ITU BUKAN UNTUK BUAT DIDENGAR ORANG TAPI UNTUK DIDENGAR TUHAN)



Saat kita berdoa pribadi, kita itu berbincang-bincang dengan TUHAN. Kita memperdengarkan apa yang dalam hati dan pikiran kita kepadaNYA. Dan karena TUHAN sudah mengetahui segala sesuatu sebelum kita mengatakannya, maka kita tidak perlu repot-repot menyusun doa kita agar panjang dan indah supaya DIA mau mendengarnya. Lagipula TUHAN tidak akan mengabulkan doa yang isinya tidak sesuai dengan kehendakNYA. Maka dari itu, daripada memusingkan soal kosakata, lebih baik kita memeriksa dan mempersiapkan hidup kita agar selaras dengan kebenaran firmanNYA.

Matius 6 : 7 - 8
Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. 
Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya.

YEREMIA 29 : 12
Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu;

Selamat menerima

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU