GIVEBACK : DUSTA atau FAKTA?

 

Pendusta/pembohong adalah pribadi yang menyatakan hal tidak sesuai dengan kebenaran/kenyataan. Iblis tidak hanya pendusta bahkan bapa dari segala dusta (lihat Yohanes 8 : 44). Secara sederhana karena dialah yang pertama kali melakukannya yaitu saat dia berdusta kepada Hawa untuk menjeratnya jatuh ke dalam dosa. Adapun tiga cara dasar yang dipakai Iblis untuk menipu manusia adalah sebagai berikut :

1. Berdusta dengan melebih-lebihkan fakta.

Fakta : TUHAN hanya melarang manusia untuk tidak memakan buah dari satu pohon saja yakni buah pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.
Dusta : Iblis mengatakan bahwa TUHAN melarang mereka untuk memakan semua buah dari pohon yang ada dalam taman.

Catatan tambahan : Perlu diketahui mengurangi fakta juga sama berdosanya dengan melebih-lebihkan fakta. 

Kejadian 2 : 16 - 17
Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,
tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."

Kejadian 3 : 1
Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: "Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?"

2. Berdusta dengan memutarbalikkan fakta.

Fakta : TUHAN dengan jelas memberitahukan akibat apabila manusia memakan buah yang dilarangNYA yaitu akan membawa kematian bagi mereka.

Dusta : Iblis mengatakan bahwa mereka tidak akan pernah mati.

Kejadian 2 : 17
tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."

Kejadian 3 : 4 - 5
Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: "Sekali-kali kamu tidak akan mati,

3. Berdusta dengan memberikan fakta yang tidak pernah ada.

Fakta : TUHAN tidak pernah mengatakan bahwa buah pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat akan membuat mereka sama seperti DIA.

Dusta : Iblis mengatakan bahwa mereka akan menjadi seperti TUHAN.

Kejadian 2 : 17
tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."

Kejadian 3 : 5
tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat."

Cara iblis berdusta kedengarannya memang sepele. Beda-beda sikit, orang Medan bilang. Namun apapun yang tidak sesuai dengan kebenaran, baik perbedaannya kecil maupun besar, sudah masuk kategori dusta. Maka dari itu, kita harus selalu berhati-hati dalam menyampaikan segala sesuatunya. Agar tidak menjadi pendusta dan agar tidak membuat sesama kita juga jatuh dalam dosa.

I YOHANES 3 : 7
Anak-anakku, janganlah membiarkan seorangpun menyesatkan kamu. Barangsiapa yang berbuat kebenaran adalah benar, sama seperti Kristus adalah benar;

Selamat menerima



Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU