GIVEBACK : PERCAKAPAN YESUS DAN NIKODEMUS (KESELAMATAN)


Ada yang mengatakan kalau manusia harus banyak-banyak berbuat baik kalau mau selamat. Ada juga yang mengatakan kalau manusia harus pergi ke suatu tempat tertentu kalau mau dijamin masuk surga. Lalu apa kata alkitab mengenai keselamatan? Berikut kita simak inti percakapan antara YESUS dan Nikodemus.

* MANUSIA DISELAMATKAN BUKAN KARENA AGAMA

Agama adalah usaha manusia mendekatkan diri kepada TUHAN. Namun seberapa keraspun manusia mencoba, dengan segala kesalehan hidupnya, akan masih saja ada dosa yang menghalangi. Karena pada dasarnya manusia tidak ada satupun yang sempurna. Bahkan nabi atau tokoh agama sekalipun. Termasuk di dalamnya seorang Nikodemus.

Yohanes 3 : 1a
Adalah seorang Farisi yang bernama Nikodemus, ...

Farisi = Sebuah kelompok religius didalam Yudaisme

* MANUSIA DISELAMATKAN BUKAN KARENA KEDUDUKAN JUGA KEKAYAAN

Uang adalah salah satu alat tukar yang dipakai dalam dunia. Namun ada beberapa orang menganggapnya bisa dipakai untuk menukar dosa dan membeli keselamatan. Setelah berbuat jahat akan memberi sedekah untuk menebus dosanya. TUHAN itu murah hati tapi tidak "murahan". Masakan TUHAN bisa dibeli dengan uang?! Lagipula bukankah DIA empunya segala sesuatu yang ada?! Jadi YESUS sama sekali tidak tergiur dengan kekayaan Nikodemus yang didapat dari penghasilannya sebagai pemimpin agama. 

Yohanes 3 : 1b
... seorang pemimpin agama Yahudi.

Pemimpin agama Yahudi = yang menangani masalah-masalah hukum dan rohani dari bangsa Yahudi

* MANUSIA DISELAMATKAN BUKAN KARENA KEPINTARAN

Ilmu pengetahuan adalah hasil dari apa yang dipelajari oleh manusia dan memang berguna untuk kehidupan manusia. Namun setinggi apapun jenjang pendidikan seseorang dan sepanjang apapun gelarnya, tidak menjamin dia mengerti dan menerima apa itu yang disebut keselamatan. Hanya karena kerendahan hatilah, maka seorang Nikodemus mampu membuka pikiran dan hatinya untuk mau menerima teguran YESUS.

Yohanes 3 : 10 
Jawab Yesus: "Engkau adalah pengajar Israel, dan engkau tidak mengerti hal-hal itu?

Pengajar Israel = seseorang yang terpelajar, yaitu yang menguasai hukum agama Yahudi


* MANUSIA DISELAMATKAN KARENA PERCAYA KEPADA YESUS DAN MENGALAMI LAHIR BARU

Lalu apa sebenarnya syarat supaya seseorang bisa selamat?! 

Yohanes 3 : 16 - 18
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.

Percaya kepada Yesus = mengaku dengan mulut bahwa Yesus adalah Tuhan dan percaya dalam hati bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati. 
(Roma 10 : 8)

Yohanes 3 : 3
Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah."

Dilahirkan kembali/lahir baru = perubahan hidup yang semakin menyerupai Kristus 

YOHANES 3 : 16
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.



Selamat menerima.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU