GIVEBACK : YAKUB LAMA DAN YAKUB BARU


PERBEDAAN YAKUB LAMA 
DAN YAKUB BARU

YAKUB LAMA

* Mendengarkan kata Mama Ribka
Kejadian 27 : 6 - 14
6. berkatalah Ribka kepada Yakub, anaknya: "Telah 
kudengar ayahmu berkata kepada Esau, kakakmu:
7. Bawalah bagiku seekor binatang buruan dan olahlah 
bagiku makanan yang enak, supaya kumakan, dan supaya 
aku memberkati engkau di hadapan TUHAN, sebelum aku 
mati.
8. Maka sekarang, anakku, dengarkanlah perkataanku 
seperti yang kuperintahkan kepadamu.
9. Pergilah ke tempat kambing domba kita, ambillah dari 
sana dua anak kambing yang baik, maka aku akan 
mengolahnya menjadi makanan yang enak bagi ayahmu, 
seperti yang digemarinya.
10. Bawalah itu kepada ayahmu, supaya dimakannya, agar 
dia memberkati engkau, sebelum ia mati."
11. Lalu kata Yakub kepada Ribka, ibunya: "Tetapi Esau, 
kakakku, adalah seorang yang berbulu badannya, sedang 
aku ini kulitku licin.
12. Mungkin ayahku akan meraba aku; maka nanti ia akan 
menyangka bahwa aku mau memperolok-olokkan dia; 
dengan demikian aku akan mendatangkan kutuk atas diriku 
dan bukan berkat."
13. Tetapi ibunya berkata kepadanya: "Akulah yang 
menanggung kutuk itu, anakku; dengarkan saja 
perkataanku, pergilah ambil kambing-kambing itu."
14. Lalu ia pergi mengambil kambing-kambing itu dan 
membawanya kepada ibunya; sesudah itu ibunya mengolah 
makanan yang enak, seperti yang digemari ayahnya.

* Ingin mengambil dari saudaranya ESAU
Kejadian 25 : 29 - 34
29. Pada suatu kali Yakub sedang memasak sesuatu, lalu 
datanglah Esau dengan lelah dari padang.
30. Kata Esau kepada Yakub: "Berikanlah kiranya aku 
menghirup sedikit dari yang merah-merah itu, karena aku 
lelah." Itulah sebabnya namanya disebutkan Edom.
31. Tetapi kata Yakub: "Juallah dahulu kepadaku hak 
kesulunganmu."
32. Sahut Esau: "Sebentar lagi aku akan mati; apakah 
gunanya bagiku hak kesulungan itu?"
33. Kata Yakub: "Bersumpahlah dahulu kepadaku." Maka 
bersumpahlah ia kepada Yakub dan dijualnyalah hak 
kesulungannya kepadanya.
34. Lalu Yakub memberikan roti dan masakan kacang 
merah itu kepada Esau; ia makan dan minum, lalu berdiri 
dan pergi. Demikianlah Esau memandang ringan hak 
kesulungan itu.

* Lari dari masalah
Kejadian 27 : 41 - 43
41. Esau menaruh dendam kepada Yakub karena berkat 
yang telah diberikan oleh ayahnya kepadanya, lalu ia 
berkata kepada dirinya sendiri: "Hari-hari berkabung karena 
kematian ayahku itu tidak akan lama lagi; pada waktu itulah 
Yakub, adikku, akan kubunuh."
42. Ketika diberitahukan perkataan Esau, anak sulungnya itu 
kepada Ribka, maka disuruhnyalah memanggil Yakub, anak 
bungsunya, lalu berkata kepadanya: "Esau, kakakmu, 
bermaksud membalas dendam membunuh engkau.
43. Jadi sekarang, anakku, dengarkanlah perkataanku, 
bersiaplah engkau dan larilah kepada Laban, saudaraku, ke 
Haran,

YAKUB BARU
*Mendengarkan suara TUHAN
Kejadian 32 : 9 - 12
9. Kemudian berkatalah Yakub: "Ya Allah nenekku Abraham 
dan Allah ayahku Ishak, ya TUHAN, yang telah berfirman 
kepadaku: Pulanglah ke negerimu serta kepada sanak 
saudaramu dan Aku akan berbuat baik kepadamu--
10. sekali-kali aku tidak layak untuk menerima segala kasih 
dan kesetiaan yang Engkau tunjukkan kepada hamba-Mu 
ini, sebab aku membawa hanya tongkatku ini waktu aku 
menyeberangi sungai Yordan ini, tetapi sekarang telah 
menjadi dua pasukan.
11. Lepaskanlah kiranya aku dari tangan kakakku, dari 
tangan Esau, sebab aku takut kepadanya, jangan-jangan ia 
datang membunuh aku, juga ibu-ibu dengan anak-anaknya.
12. Bukankah Engkau telah berfirman: Tentu Aku akan 
berbuat baik kepadamu dan menjadikan keturunanmu 
sebagai pasir di laut, yang karena banyaknya tidak dapat dihitung."

* Ingin memberi kepada saudaranya Esau
Kejadian 32 : 13 - 15
13. Lalu bermalamlah ia di sana pada malam itu. Kemudian 
diambilnyalah dari apa yang ada padanya suatu 
persembahan untuk Esau, kakaknya,
14. yaitu dua ratus kambing betina dan dua puluh kambing 
jantan, dua ratus domba betina dan dua puluh domba jantan,
15. tiga puluh unta yang sedang menyusui beserta anak-
anaknya, empat puluh lembu betina dan sepuluh lembu 
jantan, dua puluh keledai betina dan sepuluh keledai jantan.

* Menghadapi masalah
Kejadian 33 : 1 - 3
1. Yakub pun melayangkan pandangnya, lalu dilihatnyalah 
Esau datang dengan diiringi oleh empat ratus orang. Maka 
diserahkannyalah sebagian dari anak-anak itu kepada Lea 
dan sebagian kepada Rahel serta kepada kedua budak 
perempuan itu.
2. Ia menempatkan budak-budak perempuan itu beserta 
anak-anak mereka di muka, Lea beserta anak-anaknya di 
belakang mereka, dan Rahel beserta Yusuf di belakang 
sekali.
3. Dan ia sendiri berjalan di depan mereka dan ia sujud 
sampai ke tanah tujuh kali, hingga ia sampai ke dekat 
kakaknya itu.

II KORINTUS 5 : 17
Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.



Selamat menerima.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU