GIVEBACK : DOA MOHON KEBAHAGIAAN


I SAMUEL 1
Ketika kita bersedih kita bisa berdoa memohon kebahagiaan kepada TUHAN seperti Hana berdoa, yaitu dengan cara :

1. DATANG KEPADA TUHAN
Karena orang yang terdekat sekalipun (Elkana sebagai suaminya Hana) atau hamba TUHAN sekalipun (Eli sebagai seorang Imam) tidak dapat mengerti kesedihan hati Hana. Hanya TUHAN seorang yang dapat melakukannya.

I SAMUEL 1 : 8  & 12 - 14
Lalu Elkana, suaminya, berkata kepadanya: "Hana, mengapa engkau menangis dan mengapa engkau tidak mau makan? Mengapa hatimu sedih? Bukankah aku lebih berharga bagimu dari pada sepuluh anak laki-laki?"

Ketika perempuan itu terus-menerus berdoa di hadapan TUHAN, maka Eli mengamat-amati mulut perempuan itu;dan karena Hana berkata-kata dalam hatinya dan hanya bibirnya saja bergerak-gerak, tetapi suaranya tidak kedengaran, maka Eli menyangka perempuan itu mabuk. Lalu kata Eli kepadanya: "Berapa lama lagi engkau berlaku sebagai orang mabuk? Lepaskanlah dirimu dari pada mabukmu."

2. DOA APA ADANYA
- Dengan tidak berpura-pura
Apa yang dirasakan itu yang diperkatakan dan diekspresikan kepada TUHAN.
I SAMUEL 1 : 10 & 15
dan dengan hati pedih ia berdoa kepada TUHAN sambil menangis tersedu-sedu.

Tetapi Hana menjawab: "Bukan, tuanku, aku seorang perempuan yang sangat bersusah hati; anggur ataupun minuman yang memabukkan tidak kuminum, melainkan aku mencurahkan isi hatiku di hadapan TUHAN.

- Dengan tidak muluk-muluk
Minta apa yang dibutuhkan
I SAMUEL 1 : 11
Kemudian bernazarlah ia, katanya: "TUHAN semesta alam, jika sungguh-sungguh Engkau memperhatikan sengsara hamba-Mu ini dan mengingat kepadaku dan tidak melupakan hamba-Mu ini, tetapi memberikan kepada hamba-Mu ini seorang anak laki-laki, maka aku akan memberikan dia kepada TUHAN untuk seumur hidupnya dan pisau cukur tidak akan menyentuh kepalanya."

3. PERCAYA SAJA
Ini dibuktikan dengan tanda setelah berdoa kita berubah menjadi tidak bersedih lagi

I SAMUEL 1 : 17 - 18
Jawab Eli: "Pergilah dengan selamat, dan Allah Israel akan memberikan kepadamu apa yang engkau minta dari pada-Nya." Sesudah itu berkatalah perempuan itu: "Biarlah hambamu ini mendapat belas kasihan dari padamu." Lalu keluarlah perempuan itu, ia mau makan dan mukanya tidak muram lagi.

MAZMUR 40 : 4
(40-5) Berbahagialah orang, yang menaruh kepercayaannya pada TUHAN, 


Selamat menerima.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU