GIVEBACK : KIAT MENERIMA BERKAT


1. JANGAN MELIHAT JUMLAHNYA
5 roti dan 2 ikan bukan porsi yang sesuai dengan jumlah orang yang mengikuti YESUS pada waktu itu (yang adalah 5000 orang laki-laki belum termasuk perempuan dan anak-anak). Namun 5 roti dan 2 ikan tetap merupakan berkat karena berkat tidak dinilai berdasarkan jumlahnya, apakah banyak atau sedikit.

YOHANES 6 : 8 - 10
Seorang dari murid-murid-Nya, yaitu Andreas, saudara Simon Petrus, berkata kepada-Nya:"Di sini ada seorang anak, yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?"Kata Yesus: "Suruhlah orang-orang itu duduk." Adapun di tempat itu banyak rumput. Maka duduklah orang-orang itu, kira-kira lima ribu laki-laki banyaknya.


2. JANGAN MELIHAT PENAMPILANNYA
Roti dan ikan adalah makanan sehari-hari dalam kehidupan Andreas sebagai nelayan. Bukan sesuatu yang baru. Namun roti dan ikan tetap merupakan berkat karena berkat tidak dinilai berdasarkan penampakannya, apakah sesuatu yang mewah atau biasa saja.

YOHANES 6 : 8 - 9
Seorang dari murid-murid-Nya, yaitu Andreas, saudara Simon Petrus, berkata kepada-Nya:"Di sini ada seorang anak, yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?"

3. JANGAN LUPA SUMBERNYA
5 roti dan 2 ikan adalah milik seorang anak kecil dan Andreas adalah murid yang memberitahukan tentang 5 roti dan 2 ikan tersebut kepada YESUS. Namun 5 roti dan 2 ikan tetap merupakan berkat karena bagaimanapun cara memperolehnya, baik itu melalui sesama maupun hasil kerja sendiri, sumbernya tetap TUHAN. Maka dari itu YESUS mengucap syukur atasnya.

YOHANES 6 : 8 - 9 & 11
Seorang dari murid-murid-Nya, yaitu Andreas, saudara Simon Petrus, berkata kepada-Nya:"Di sini ada seorang anak, yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?" Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki.

4. JANGAN LUPA MEMBAGINYA
5 roti dan 2 ikan bisa dinikmati lebih dari 5000 orang karena dibagikan bukannya dinikmati beberapa orang saja dan tentunya tidak disimpan apalagi dibuang. Yesus menyuruh mengumpulkan sisa sebanyak 12 bakul pastinya dengan tujuan untuk kembali dibagikan saat dibutuhkan.



YOHANES 6 : 11 - 12
Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendakiDan setelah mereka kenyang Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Kumpulkanlah potongan-potongan yang lebih supaya tidak ada yang terbuang."

YOHANES 6 : 11 
Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya ...


Selamat menerima.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU