GIVEBACK : PEDOMAN SAAT KAMU DICOBAI ORANG


1. MERENDAHKAN DIRI

YESUS merendahkan diri di hadapan orang-orang yang mencobaiNYA. Bukan sama sekali karena DIA bersalah. Namun karena dia tahu bahwa DIA memang benar dan tidak perlu meninggi-ninggikan diriNYA.

Perlu diketahui merendahkan diri itu bukan berarti diam saja saat orang mencobai kita. Yesus tetap menjalani hidupNYA dengan melakukan sesuatu untuk diriNYA sendiri. Dia menulis dengan jari-jariNYA di tanah. Entah apa yang ditulisNYA, namun itu membuktikan bahwa Yesus tetap menjadi dirinya sendiri dan tidak mencoba menyenangkan hati musuh-musuhNYA.


YOHANES 8 : 6
Mereka mengatakan hal itu untuk mencobai Dia, supaya mereka memperoleh sesuatu untuk menyalahkan-Nya. Tetapi Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah.

2.TIDAK BALIK MENCOBAI

Manusia cenderung akan menyerang kembali saat diserang. Namun Yesus hanya mengatakan apa yang perlu dikatakan yaitu kebenaran. Tanpa mengungkit dosa siapapun, baik perempuan yang kedapatan berzinah maupun ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi yang mau mencobai DIA.

YOHANES 8 : 7 - 8
Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu." Lalu Ia membungkuk pula dan menulis di tanah.



3. MENGAMPUNI


Jika Yesus saja yang kudus dan tidak berdosa mau mengampuni, masa kita tidak mau mengampuni orang yang mencobai kita?! Sebagai catatan tambahan, pada kenyatannya Yesus tidak hanya mengampuni perempuan itu saja. Namun juga mengampuni ahli-ahli taurat dan orang-orang Farisi dengan membiarkan mereka pergi satu demi satu.

Akan tetapi mengampuni bukan selalu menerima orang yang menyakiti kita kembali. Tergantung apakah orang yang menyakiti tersebut menunjukkan perubahan atau tidaknya. Di kemudian hari, wanita itu menjadi salah satu murid YESUS. Namun tidak sama akhir ceritanya dengan ahli-ahli taurat dan orang-orang Farisi. Makanya mereka tidak menjadi murid YESUS.


YOHANES 8 : 9 - 11
Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap di tempatnya. Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: "Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?" Jawabnya: "Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."

I KORINTUS 10 : 13
Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Selamat menerima


Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU