GIVEBACK : BELAJAR DARI KELEDAI


TUHAN menyediakan begitu banyak sumber pengetahuan untuk kita belajar dari padanya. Salah satunya adalah alam dan isinya. Kali ini saya mau ajak kita belajar dari hewan yang ditunggangi oleh seorang bernama Bileam. Apa saja yang bisa kita pelajari dari keledai? Berikut rinciannya :

1. Keledai saja menyimpang dari jalan kejahatan!

FAKTA TENTANG KELEDAI :
Seekor keledai tidak akan pernah terlibat dalam aktivitas jika hal itu dianggapnya tidak aman. 

Bilangan 22 : 21 - 23
Lalu bangunlah Bileam pada waktu pagi, dipelanainyalah keledainya yang betina, dan pergi bersama-sama dengan pemuka-pemuka Moab. Tetapi bangkitlah murka Allah ketika ia pergi, dan berdirilah Malaikat TUHAN di jalan sebagai lawannya. Bileam mengendarai keledainya yang betina dan dua orang bujangnya ada bersama-sama dengan dia.
Ketika keledai itu melihat Malaikat TUHAN berdiri di jalan, dengan pedang terhunus di tangan-Nya, menyimpanglah keledai itu dari jalan dan masuk ke ladang. Maka Bileam memukul keledai itu untuk memalingkannya kembali ke jalan.

2. Keledai saja menekan keinginan/kedagingannya!

FAKTA TENTANG KELEDAI :
Dibanding kuda, keledai mampu berpikir mandiri dan membuat keputusan untuk memastikan keamanannya. 

Bilangan 22 : 24 - 25
Kemudian pergilah Malaikat TUHAN berdiri pada jalan yang sempit di antara kebun-kebun anggur dengan tembok sebelah-menyebelah. Ketika keledai itu melihat Malaikat TUHAN, ditekankannyalah dirinya kepada tembok, sehingga kaki Bileam terhimpit kepada tembok. Maka ia memukulnya pula.

3. Keledai saja tunduk/merendahkan hati di hadapan TUHAN!

FAKTA TENTANG KELEDAI :
Jika mereka merasakan sesuatu yang salah saat bepergian, mereka tidak akan bergerak maju dan akan mulai menggali dengan tumit mereka. Ini adalah perilaku dari kecerdasan mereka. Perilaku ini telah membuat orang berpikir bahwa keledai keras kepala. 

Bilangan 22 : 26 - 27
Berjalanlah pula Malaikat TUHAN terus dan berdirilah Ia pada suatu tempat yang sempit, yang tidak ada jalan untuk menyimpang ke kanan atau ke kiri. Melihat Malaikat TUHAN meniaraplah keledai itu dengan Bileam masih di atasnya. Maka bangkitlah amarah Bileam, lalu dipukulnyalah keledai itu dengan tongkat.

YESAYA 1 : 17

belajarlah berbuat baik;


SELAMAT MENERIMA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU