GIVEBACK : ROH KUDUS PEMBIMBING KITA


Ada banyak cara yang dipakai Roh Kudus dalam membimbing kita untuk hidup dalam rencana TUHAN. Berikut 2 di antaranya yang dialami oleh Rasul Paulus dan Silas dalam perjalanan mereka memberitakan Injil:

1. Dengan mencegah/tidak mengizinkan

Jangan terburu-buru marah sama TUHAN kalau keinginan kita tidak diiyakan olehNYA. TUHAN pasti punya alasan yang baik untuk melakukan hal itu. Entah TUHAN tahu yang kita mau itu tidak baik untuk kita atau memang TUHAN sebenarnya sudah menyiapkan yang lebih baik untuk kita.


Kisah Para Rasul 16 : 6 - 7
Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia. Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka.

2. Dengan meneguhkan (mimpi/penglihatan)

Bila TUHAN memberikan janji atau perintah khusus kepada kita, maka DIA akan menindaklanjutinya dengan menyatakan tanda-tandaNYA yang ajaib. Sehingga kita bisa dikuatkan dan lebih lanjut lagi dimampukan untuk menjalaninya dengan setia.


Kisah Para Rasul 16 : 8 - 10
 Setelah melintasi Misia, mereka sampai di Troas.
Pada malam harinya tampaklah oleh Paulus suatu penglihatan: ada seorang Makedonia berdiri di situ dan berseru kepadanya, katanya: "Menyeberanglah ke mari dan tolonglah kami!" Setelah Paulus melihat penglihatan itu, segeralah kami mencari kesempatan untuk berangkat ke Makedonia, karena dari penglihatan itu kami menarik kesimpulan, bahwa Allah telah memanggil kami untuk memberitakan Injil kepada orang-orang di sana.

Dan perlu diketahui juga bahwa bimbingan ROH KUDUS bukan sekedar untuk golongan "orang-orang Kudus" seperti Rasul Paulus & Silas saja. Namun ROH KUDUS ada dan nyata bekerja dalam kehidupan setiap orang yang percaya. Hanya saja kita perlu lebih peka dalam mengenali suaraNYA.


SELAMAT MENERIMA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU