GIVEBACK : KEUNTUNGAN BERDOA DAN MEMUJI TUHAN BAGI KESEHATAN


Selain berfungsi sebagai alat komunikasi dan juga sarana untuk membangun hubungan pribadi dengan TUHAN, berdoa dan menyanyikan puji-pujian ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut tiga kebaikan diantaranya :

1. Melawan Stress
Stress bisa dicegah dan diatasi dengan berdoa. Hal ini disebutkan oleh sebuah studi yang dilakukan para ahli kejiwaan pada 2014. Seseorang mampu menghindari risiko depresi serta masalah psikis lainnya dengan berdoa. Doa juga bisa membuat seseorang jadi makin tenang, tak mudah putus asa, dan berpikir positif.
Stress juga bisa dikurangi dengan bernyanyi. Dibuktikan melalui sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa kadar hormon stres dalam tubuh seseorang dapat menurun setelah bernyanyi. Selain itu, mereka juga merasa lebih santai, senang, nyaman, lega, dan suasana hati juga membaik.

 2. Bisa bikin bahagia
Selain mencegah dan mengatasi stres, berdoa juga bermanfaat bikin perasaan lebih bahagia. Para ilmuwan yang mempublikasikan temuannya di JAMA Networks Journal mengemukakan  orang yang gemar menghadiri ibadah keagamaan dan memiliki bekal agama yang kuat atau religius lebih bahagia dibanding orang-orang lainnya. Dan hal ini bahkan juga berlaku bagi anggota keluarga mereka.
Begitu juga halnya dengan bernyanyi. Entah dilakukan secara pribadi maupun bersama-sama, bernyanyi diketahui dapat meredam dan mengatasi perasaan negatif, seperti kecemasan dan rasa sedih.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Berdoa ternyata terbukti mampu menurunkan 40% risiko terkena hipertensi. Fakta ini ditemukan oleh studi dilakukan oleh National Instituted of Health. Namun untuk memperoleh keuntungan ini, seseorang diharuskan berdoa secara rutin setiap hari.

Sering bernyanyi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Alasannya adalah saat orang sedang bernyanyi, tanpa disadari, tubuhnya akan secara alamiah mengeluarkan kelenjar yang memiliki fungsi sebagai antibodi.
Jadi terbukti sekarang bahwa berdoa dan bernyanyi bukanlah sebuah hal cuma-cuma yang TUHAN wajibkan untuk kita lakukan. Melainkan adalah suatu kegiatan hasil rancangan TUHAN untuk memberikan kebaikan bagi pikiran dan tubuh kita. 
Dan hal itu berhasil diaplikasikan oleh Paulus dan Silas di tengah-tengah penderitaan mereka. Sebagai hasilnya mereka tidak hanya tenang melewati masalah namun juga memperoleh keselamatan dari TUHAN.
KISAH PARA RASUL 16 : 25
Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka.
Selamat menerima

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU