GIVEBACK : BEKAS-BEKAS LUKA


Dunia ini tidak hanya ditempati oleh manusia saja. Ada juga si jahat berikut pengikut-pengikutnya. Semacam orang-orang yang beracun itu loh! Maka dari itu TUHAN berfirman supaya kita cerdik dalam menanggapi segala sesuatunya. Termasuk diantaranya yaitu bagaimana cara yang benar menunjukkan bekas luka kita. 

Bicara soal bekas luka, pastinya semua orang memilikinya. Baik itu luka fisik maupun luka batin. Bekas-bekas luka tersebut bermanfaat mengingatkan kita untuk lebih berhati-hati ke depannya. Namun antek-antek dari si jahat (orang-orang beracun) mau dan suka memakai bekas luka kita untuk kejahatan hati mereka. Entah untuk mempermalukan kita atau bahkan menyakiti kita di tempat yang sama jauh lebih parah. 

Nah kali ini saya ingin memberikan 3 pedoman yang YESUS berikan saat DIA menunjukkan bekas-bekas lukanya. Hal ini penting sekali diketahui guna mencegah bekas luka kita disalahgunakan oleh si jahat dan pengikut-pengikutnya. Berikut daftarnya :

1. JANGAN PERNAH menunjukkan bekas lukamu ke sembarang orang!

YESUS hanya menunjukkan bekas lukanya kepada murid-muridNYA. Yaitu beberapa orang yang dipilih dan dipercayaiNYA. Memang ada beberapa dari mereka yang sebelumnya pernah meninggalkan YESUS di taman Getsemani. Namun mereka sudah menyesal dan terbukti bertobat.

Yohanes 20 : 19 - 20

20:19Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"

20:20

Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan.

Jadi, periksa terlebih dahulu siapa orang yang hendak kamu kasih lihat bekas lukamu. Pastikan orang tersebut adalah orang yang terbukti mengasihimu dan menginginkan yang terbaik untukmu.

2. JANGAN PERNAH menunjukkan bekas lukamu di sembarang waktu!

Yesus hanya menunjukkan bekas lukanya saat hendak memberikan damai sejahteraNYA. Yaitu saat DIA mengusir ketakutan dari murid-muridNYA kepada orang-orang Yahudi. Memang ada beberapa saat lain YESUS hadir menampakkan diri setelah kebangkitanNYA. Namun tercatat hanya 2 kali saja YESUS menunjukkan bekas lukaNYA.

Yohanes 20 : 19 - 21 & 26

20:19
Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"

20:20

Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan.

20:21

Maka kata Yesus sekali lagi: "Damai sejahtera bagi kamu! 
20:26Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi 
kamu!"

Jadi, periksa terlebih dahulu kapan waktu terbaik untuk kamu pantas memberitahukan bekas lukamu. Pastikan saat itu adalah saat yang tepat untuk dirimu demikian juga bagi sesamamu.

3. JANGAN PERNAH menunjukkan bekas lukamu untuk sembarang tujuan!

Yesus hanya menunjukkan bekas lukanya untuk membawa jiwa kembali percaya kepadaNYA. Yaitu saat DIA menunjukkan khusus kepada Tomas muridNYA. Memang YESUS sudah melakukan itu sebelumnya untuk murid-muridNYA. Namun kali ini YESUS sengaja melakukannya kembali demi keselamatan jiwa Tomas yang belum percaya sebelum melihatnya.

Yohanes 20 : 24 - 28

20:24Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ.

20:25

Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: "Kami telah melihat Tuhan!" Tetapi Tomas berkata kepada mereka: "Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya."

20:26

Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"

20:27

Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah."

20:28

Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!"


Jadi, periksa terlebih dahulu apa motivasimu saat  memberitahukan bekas lukamu. Pastikan itu hanya untuk membawa memberitakan keselamatan dari TUHAN.

I PETRUS 5 : 8

5:8

Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Selamat menerima

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU