GIVEBACK : JANGAN LEBAY!



Lebay artinya adalah melebih-lebihkan diri sendiri tanpa peduli tentang tanggapan atau pertimbangan orang lainnya. Istilah ini muncul sejak tahun 2006. Namun Alkitab mencatat peristiwa dimana salah satu tokohnya sudah melakukan apa yang disebut "lebay" jauh sebelum istilah ini ditemukan. Tokoh tersebut bernama Esau. Mengapa Esau bisa dikategorikan orang "lebay". Berikut alasan-alasannya dan akibatnya :


*Esau lelah bukannya lumpuh

Esau memang sedang lelah tapi dia masih bisa pergi ke tempat lain untuk mencari makanan lain selain sup kacang merah buatan Yakub. 

Kejadian 25 : 29 - 30
Pada suatu kali Yakub sedang memasak sesuatu, lalu datanglah Esau dengan lelah dari padang.Kata Esau kepada Yakub: "Berikanlah kiranya aku menghirup sedikit dari yang merah-merah itu, karena aku lelah." Itulah sebabnya namanya disebutkan Edom.

*Esau lapar bukannya sekarat

Esau memang sedang lapar tapi dia tidak akan mati cuma gara-gara tidak makan sup kacang merah masakan Yakub. 

Kejadian 25 : 31 - 32
Tetapi kata Yakub: "Juallah dahulu kepadaku hak 
kesulunganmu." Sahut Esau: "Sebentar lagi aku 
akan mati; apakah gunanya bagiku hak kesulungan itu?"

*Akibat Esau lebay

Karena Esau sibuk mempersoalkan yang tidak penting seperti sup kacang merah buatan Yakub maka Esau mengalami kehilangan apa yang sebenarnya penting yaitu hak kesulungannya dan harga dirinya di hadapan adiknya Yakub.

Kejadian 25 : 33 - 34
Kata Yakub: "Bersumpahlah dahulu kepadaku." Maka bersumpahlah ia kepada Yakub dan dijualnyalah hak kesulungannya kepadanya. Lalu Yakub memberikan roti dan masakan kacang merah itu kepada Esau; ia makan dan minum, lalu berdiri dan pergi. Demikianlah Esau memandang ringan hak kesulungan itu.

ROMA 12 : 16b
"... arahkanlah dirimu kepada perkara-perkara yang sederhana. Janganlah menganggap dirimu pandai!"


SELAMAT MENERIMA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU