GIVEBACK : PERASAAN YANG TIMBUL KARENA DOSA



Dosa menimbulkan banyak akibat dan semuanya tidak ada yang baik. Selain memberi upah berupa maut, dosa juga mempengaruhi perasaan kita dalam hubungan dengan TUHAN. 3 diantaranya adalah sebagai berikut :

1. RASA MALU 

Perasaan ini tidak hanya muncul pada saat kita tertangkap basah melakukan dosa saja. Namun saat kita mau menghadap hadirat TUHAN lagi, kita akan merasa tidak pantas atau tidak layak karena dosa yang sudah kita perbuat.

Kejadian 3 : 8
Ketika mereka mendengar bunyi langkah TUHAN Allah, yang berjalan-jalan dalam taman itu pada waktu hari sejuk, bersembunyilah manusia dan isterinya itu terhadap TUHAN Allah di antara pohon-pohonan dalam taman.

2. RASA TAKUT 

Karena kita tahu dosa itu salah, namun memilih untuk tetap melakukannya, maka kita akan merasa bersalah atasnya. Meskipun kita melakukannya tanpa sepengetahuan siapapun, namun kita akan hidup dalam ketakutan karenanya.

Kejadian 3 : 10
Ia menjawab: "Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi."

3. RASA SEDIH 

Dosa membuat jarak antara TUHAN dan kita. Sehingga kita terpisah dari kasihNYA. Karena itu dosa akan membuat kita sedih. Bukan saja karena kita pasti akan menanggung akibarnya. Namun juga karena kita merasa jauh dari sumber sukacita yaitu TUHAN itu sendiri.

Kejadian 3 : 23 - 24
Lalu TUHAN Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil. Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.

I KORINTUS 15 : 34

Sadarlah kembali sebaik-baiknya dan jangan berbuat dosa lagi! 


SELAMAT MENERIMA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU