GIVEBACK : JADILAH DIRIMU SENDIRI SAJA!

Berikut adalah tiga alasan utama mengapa kita tidak perlu mengubah diri kita untuk menjadi serupa dengan sesama kita :

1. Karena berubah demi menyenangkan orang lain itu mustahil adanya

Saat Daud mengatakan kalau dia yang akan pergi menghadapi raksasa Goliat, dia tidak sedang melakukannya demi pengakuan ayah Isai yang hanya mengutusnya untuk membawa bekal. Tidak juga sebagai pembuktian kepada abangnya Eliab yang baru saja meremehkan pekerjaannya sebagai gembala. Apalagi cuma demi sebuah pengalaman merasakan baju perang seorang raja Saul. Daud hanya menyatakan keinginannya untuk membela bangsanya dan menyatakan imannya kepada TUHAN di hadapan semua orang.

I Samuel 17 : 38 
Lalu Saul mengenakan baju perangnya kepada Daud, ditaruhnya ketopong tembaga di kepalanya dan dikenakannya baju zirah kepadanya.

2. Karena mencoba menjadi orang lain itu buang-buang waktu sebenarnya

Daud tidak menginginkan baju perang Saul. Namun karena dia menghargai seorang Saul maka diapun mencoba memakainya. Makanya setelah memakai baju perang saul dia tidak langsung pergi ke medan perang. Akan tetapi dia menguji dirinya terlebih dahulu, nyaman atau tidaknya dia saat memakainya, sebelum memutuskan apakah dia akan bertarung memakainya. 

I Samuel 17 : 39a
Lalu Daud mengikatkan pedangnya di luar baju perangnya, kemudian ia berikhtiar berjalan, sebab belum pernah dicobanya.

3. Karena menjadi orang lain hanya akan menjadi beban dan membuat hidupmu tidak akan merasa nyaman selamanya

Daud yang mengenal dirinya sendiri dibanding raja Saul, tahu bahwa baju perang tersebut hanya akan memperberat pergerakan tubuhnya. Jadi dia tidak memaksakan dirinya untuk memakainya, melainkan menanggalkannya dan pergi dengan strategi yang diyakininya dari semula. 

I Samuel 17 : 39b
Maka berkatalah Daud kepada Saul: "Aku tidak dapat berjalan dengan memakai ini, sebab belum pernah aku mencobanya." Kemudian ia menanggalkannya.

Kesimpulan : Makanya jadilah dirimu sendiri saja

Daud menjadi Daud saat dia melawan Goliat. Dia tidak pura-pura jadi prajurit perang seperti abang Eliab. Juga tidak juga pura-pura menjadi raja Saul. Dia hanya melakukan apa yang biasa dan bisa dilakukannya sebagai seorang gembala kambing domba. Dan TUHANpun menyertai Daud karena dia menjadi dirinya sendiri yang mengandalkan TUHANnya.

I Samuel 17 : 40
Lalu Daud mengambil tongkatnya di tangannya, dipilihnya dari dasar sungai lima batu yang licin dan ditaruhnya dalam kantung gembala yang dibawanya, yakni tempat batu-batu, sedang umbannya dipegangnya di tangannya. Demikianlah ia mendekati orang Filistin itu.


SELAMAT MENERIMA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU