GIVEBACK : MELAYANI TANPA EMAS DAN PERAK (TELADAN PETRUS)

MELAYANI TANPA EMAS DAN PERAK

Untuk melayani, tidak selalu mengharuskan seseorang memiliki uang. Asal ada iman kepada YESUS TUHAN dan punya hati yang penuh kasih kepada sesama, maka kitapun bisa jadi seperti Petrus bagi pengemis yang buta dalam Kisah Para Rasul 3 : 6 - 7. Apa saja pelayanan yang dia lakukan? Mari kita pelajari bersama-sama!

1. MENDOAKAN

Dengan berdoa kita bisa menjangkau banyak sekali jiwa-jiwa. Karena doa tidak dibatasi ruang dan waktu. Kita bisa melayani siapapun, darimanapun dan kapanpun juga. Bahkan dengan doa kita bisa melayani orang yang tidak pernah mengenal atau belum percaya kepada TUHAN sebelumnya. 

(6) Tetapi Petrus berkata: "Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!"

2. MEMBERIKAN PEGANGAN

Ada dua jenis pegangan yang dapat kita berikan kepada seseorang. Yang pertama adalah pegangan dalam bentuk kata-kata yaitu meneguhkan atau menguatkan. Bisa dengan mengirim pesan singkat ayat-ayat mas dari firman TUHAN, menceritakan kisah inspirasional juga membagikan kalimat motivasi atau kutipan positif yang berkenaan dengan masalah yang mereka hadapi. Dan yang kedua adalah pegangan dalam bentuk aksi yaitu sentuhan fisik. Berupa rangkulan atau pelukan hangat, menjabat erat tangan dan sebuah tepukan di punggung. Tentunya sentuhan fisik ini harus dilakukan dalam situasi dan kondisi yang sesuai dengan firman TUHAN.

7) Lalu ia memegang tangan kanan orang itu ...

3. MEMBANTU BERDIRI

Hal ini tidak hanya bicara mengenai kita membantu mengangkat tubuh orang yang lemah atau sakit saja. Namun juga mengenai menolong orang untuk bangkit dari keadaan mereka yang jatuh/terpuruk atau sendirian. Misal saat ada sesama kita yang baru mengalami kedukaan yaitu kehilangan orang yang mereka kasihi, kita bisa mengunjungi mereka dan menghibur mereka. Atau bila ada yang sesama kita yang baru datang di lingkungan maka kita bisa jadi teman makan siang mereka dan menolong mereka membaur dengan yang lainnya.

7) ... dan membantu dia berdiri.

Dan masih banyak pelayanan lainnya yang bisa kita berikan atau lakukan bagi sesama tanpa harus memiliki emas dan perak. Pertanyaannya sekarang hanyalah, mau atau tidak?

LUKAS 6 : 36

 Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati."

Selamat menerima



Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU