GIVEBACK : PENCOBAAN BERDASARKAN MASA BERLAKUNYA


Semua manusia pasti mengalami pencobaan. Bahkan YESUSpun tak luput dari pada pencobaan saat DIA menjadi manusia. Ada 3 penggolongan pencobaan berdasarkan masa berlakunya. Berikut penjelasannya :

1. Pencobaan saat sendiri/kesepian. 

Samson di akhir hidupnya adalah seorang tahanan yang buta. Dia dicobai dengan ditaruh di tengah-tengah dan dijadikan tontonan bahkan tertawaan banyak orang.

Hakim-Hakim 16

(23) Sesudah itu berkumpullah raja-raja kota orang Filistin untuk mengadakan perayaan korban sembelihan yang besar kepada Dagon, allah mereka, dan untuk bersukaria; kata mereka: "Telah diserahkan oleh allah kita ke dalam tangan kita Simson, musuh kita."

(24) Dan ketika orang banyak melihat Simson, mereka memuji allah mereka, sambil berseru: "Telah diserahkan oleh allah kita ke dalam tangan kita musuh kita, perusak tanah kita, dan yang membunuh banyak teman kita."

(25) Ketika hati mereka riang gembira, berkatalah mereka: "Panggillah Simson untuk melawak bagi kita." Simson dipanggil dari penjara, lalu ia melawak di depan mereka, kemudian mereka menyuruh dia berdiri di antara tiang-tiang.

Yesus juga dicobai Iblis saat DIA sendirian di padang gurun. Tanpa disertai anggota keluarga. Tanpa disertai Yohanes yang baru saja membaptisNYA. Tanpa seorangpun dari 12 orang muridNYA. Dan tanpa binatang peliharaanNYA. 

Markus 4 [Versi Mudah Dibaca 2006]

(13) Ia ada di sana selama 40 hari. Ia tinggal di sana bersama binatang liar. Di sana Ia dicobai oleh iblis. Kemudian para malaikat datang dan melayani Dia.

2. Pencobaan saat sedang dekat-dekatnya dengan Tuhan. 

Musa setelah pulang dari mendapat hukum taurat dari TUHAN, malah menemukan bangsanya, jemaatnya bahkan keluarganya sendiri membuat dan menyembah Allah lain.

Keluaran 32

(7) Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Pergilah, turunlah, sebab bangsamu yang kaupimpin keluar dari tanah Mesir telah rusak lakunya.

(8) Segera juga mereka menyimpang dari jalan yang Kuperintahkan kepada mereka; mereka telah membuat anak lembu tuangan, dan kepadanya mereka sujud menyembah dan mempersembahkan korban, sambil berkata: Hai Israel, inilah Allahmu yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir."

(15) Setelah itu berpalinglah Musa, lalu turun dari gunung dengan kedua loh hukum Allah dalam tangannya, loh-loh yang bertulis pada kedua sisinya; bertulis sebelah-menyebelah.

(16) Kedua loh itu ialah pekerjaan Allah dan tulisan itu ialah tulisan Allah, ditukik pada loh-loh itu.

(19) Dan ketika ia dekat ke perkemahan itu dan melihat anak lembu dan melihat orang menari-nari, maka bangkitlah amarah Musa; dilemparkannyalah kedua loh itu dari tangannya dan dipecahkannya pada kaki gunung itu.

Yesus juga dicobai Iblis langsung setelah DIA dibaptis oleh Yohanes. YESUS kemudian dibawa ke kota suci dan ditempatkan di puncak bait Allah. Lalu ditantang Iblis untuk membuktikan statusNYA sebagai Anak ALLAH.

Markus 1

(9) Pada waktu itu datanglah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan Ia dibaptis di sungai Yordan oleh Yohanes.

(10) Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya.

(11) Lalu terdengarlah suara dari sorga: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."

(12) Segera sesudah itu Roh memimpin Dia ke padang gurun.

(13) Di padang gurun itu Ia tinggal empat puluh hari lamanya, dicobai oleh Iblis. ...

Matius 4

(9) Kemudian ia membawa Yesus ke Yerusalem dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah, lalu berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu dari sini ke bawah,

3. Pencobaan saat berada di puncak kehidupan. 

Ayub saat dikelilingi anggota keluarga, kekayaan dan popularitas, diizinkan TUHAN untuk dicobai Iblis dan mengalami kehilangan besar dan mengidap penyakit yang mengerikan.

Ayub 1

(1) Ada seorang laki-laki di tanah Us bernama Ayub; orang itu saleh dan jujur; ia takut akan Allah dan menjauhi kejahatan.

(2) Ia mendapat tujuh anak laki-laki dan tiga anak perempuan.

(3) Ia memiliki tujuh ribu ekor kambing domba, tiga ribu ekor unta, lima ratus pasang lembu, lima ratus keledai betina dan budak-budak dalam jumlah yang sangat besar, sehingga orang itu adalah yang terkaya dari semua orang di sebelah timur.

(13) Pada suatu hari, ketika anak-anaknya yang lelaki dan yang perempuan makan-makan dan minum anggur di rumah saudara mereka yang sulung,

(14) datanglah seorang pesuruh kepada Ayub dan berkata: "Sedang lembu sapi membajak dan keledai-keledai betina makan rumput di sebelahnya,

(15) datanglah orang-orang Syeba menyerang dan merampasnya serta memukul penjaganya dengan mata pedang. Hanya aku sendiri yang luput, sehingga dapat memberitahukan hal itu kepada tuan."

(16) Sementara orang itu berbicara, datanglah orang lain dan berkata: "Api telah menyambar dari langit dan membakar serta memakan habis kambing domba dan penjaga-penjaga. Hanya aku sendiri yang luput, sehingga dapat memberitahukan hal itu kepada tuan."

(17) Sementara orang itu berbicara, datanglah orang lain dan berkata: "Orang-orang Kasdim membentuk tiga pasukan, lalu menyerbu unta-unta dan merampasnya serta memukul penjaganya dengan mata pedang. Hanya aku sendiri yang luput, sehingga dapat memberitahukan hal itu kepada tuan."

(18) Sementara orang itu berbicara, datanglah orang lain dan berkata: "Anak-anak tuan yang lelaki dan yang perempuan sedang makan-makan dan minum anggur di rumah saudara mereka yang sulung,

(19) maka tiba-tiba angin ribut bertiup dari seberang padang gurun; rumah itu dilandanya pada empat penjurunya dan roboh menimpa orang-orang muda itu, sehingga mereka mati. Hanya aku sendiri yang luput, sehingga dapat memberitahukan hal itu kepada tuan."

Ayub 2

(7) Kemudian Iblis pergi dari hadapan TUHAN, lalu ditimpanya Ayub dengan barah yang busuk dari telapak kakinya sampai ke batu kepalanya.

Yesus juga dicobai Iblis dengan dibawa ke tempat yang tinggi. Lalu diperlihatkan dan ditawarkan dengan semua kekayaan dan kekuasaan yang ada.

Matius 4

(5) Kemudian ia membawa Yesus ke suatu tempat yang tinggi dan dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia.

Sekarang kita tahu bahwa Iblis bisa menyerang kita dengan pencobaan kapan saja. Baik itu saat kita sedang lemah maupun saat kita sedang kuat. Namun kiranya hidup kita selalu bergantung pada firman TUHAN, supaya kita bisa melalui semuanya dengan berkemenangan seperti TUHAN kita YESUS KRISTUS.

MATIUS 4 : 11

Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus.

Selamat menerima

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU