GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU


Ada banyak cara mengetahui apakah seseorang benar-benar mengasihi kita. Berikut ada tiga tanda utama yang bisa kita jadikan acuan untuk memastikan hal tersebut. Dan ini penjelasannya :

1. Dia bersamamu
Tentunya TUHAN sajalah yang mampu Maha hadir 24/7 untuk kita. Namun apabila seseorang benar-benar mengasihimu, maka saat dia dekat denganmu, dia akan hadir baik secara fisik dan psikis untukmu. Jadi dia tidak hanya menginginkan keberadaanmu seperti sebuah properti yang wajib ada. Akan tetapi juga dia memang menghargai kehadiranmu dan menikmati kebersamaan denganmu. Hal ini bisa kita lihat dilakukan oleh Maria pada saat dia menyambut YESUS di rumahnya. 

Lukas 10 : 38 - 39
Ketika Yesus dan murid-murid-Nya dalam perjalanan, tibalah Ia di sebuah kampung. Seorang perempuan yang bernama Marta menerima Dia di rumahnya. Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya,


Dan saat dia sedang tidak mungkin bersamamu, dia tetap akan berusaha menjangkaumu. Baik melalui panggilan suara maupun pesan kata. Tentunya dia juga tidak akan lupa mendoakanmu sebagai cara untuk mengasihimu meskipun saat jauh. Paulus melakukan hal ini bagi rekan rasul, sahabat dan jemaat-jemaat yang dibinanya. Di tengah pergumulannyapun, dia masih menyempatkan menulis surat untuk menyatakan perhatian dan kasihnya.

I Korintus 16 : 21
Dengan tanganku sendiri aku menulis ini: Salam dari Paulus.

Filipi 1 : 3 - 4
Aku mengucap syukur kepada Allahku setiap kali aku mengingat kamu.
Dan setiap kali aku berdoa untuk kamu semua, aku selalu berdoa dengan sukacita.

2. Dia ada untukmu
Tidak ada cinta tanpa pengorbanan. Jadi apabila seseorang benar-benar mengasihimu, tanpa ditagihpun dia senang untuk memberikan apa yang ada padanya untuk kepentinganmu. Tentunya hal ini dilakukannya sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya dan sama seperti dia mengasihi dirinya sendiri. Seperti halnya yang dilakukan oleh Yonatan untuk sahabatnya Daud. 
  
I Samuel 18 : 3 - 4
Yonatan mengikat perjanjian dengan Daud, karena ia mengasihi dia seperti dirinya sendiri. Yonatan menanggalkan jubah yang dipakainya, dan memberikannya kepada Daud, juga baju perangnya, sampai pedangnya, panahnya dan ikat pinggangnya.

Bahkan seseorang tersebut juga akan menunjukkannya kasihnya dengan memberikan pengorbanan yang lebih daripada yang diberikan untuk orang-orang sekitarmu yang lainnya. Demikian yang diperbuat seorang Samaria kepada seorang korban penyamun yang ditemuinya di jalan.

Lukas 10 : 30 - 35
Jawab Yesus: "Adalah seorang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho; ia jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampoknya habis-habisan, tetapi yang juga memukulnya dan yang sesudah itu pergi meninggalkannya setengah mati. Kebetulan ada seorang imam turun melalui jalan itu; ia melihat orang itu, tetapi ia melewatinya dari seberang jalan. Demikian juga seorang Lewi datang ke tempat itu; ketika ia melihat orang itu, ia melewatinya dari seberang jalan.
Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya. Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali.

3. Dia baik bagimu
Orang yang baik kepadamu tidak selalu baik bagimu. Ada yang melakukan kebaikan untuk sekedar menyenangkanmu (menjilat egomu) atau memenangkan hatimu untuk sementara waktu (saat dia sedang mau). Namun jika seseorang benar-benar mengasihimu, maka dia hanya akan memberikanmu apa yang baik bagimu meskipun itu terasa tidak menyenangkan untukmu. Contohnya adalah saat Nabi Natan memberikan teguran kepada Daud. 

II Samuel 12 : 1a & 7
TUHAN mengutus Natan kepada Daud. 
Kemudian berkatalah Natan kepada Daud: "Engkaulah orang itu! Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Akulah yang mengurapi engkau menjadi raja atas Israel dan Akulah yang melepaskan engkau dari tangan Saul.

Dan yang lebih penting lagi adalah jika seseorang benar-benar mengasihimu, maka dia akan memperhatikan tidak hanya keselamatan tubuh, namun juga keselamatan jiwamu. Seperti halnya yang diperbuat Bapa kita yang di sorga dengan setia.

Lukas 11 : 12 - 13
Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan? Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking?

Dari ketiga tanda ini bisa disimpulkan bahwa tanda seseorang benar-benar mengasihimu adalah seseorang tersebut sudah menyatakan kasihnya kepada kita terlebih dahulu. Jauh sebelum kita memutuskan untuk membalas kembali kasihnya.

I Yohanes 4 : 19
Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.

Selamat menerima

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU