GIVEBACK : PENYEBAB RASA IRI


Iri hati adalah kata sifat yang artinya merasa kurang senang atau cemburu melihat kelebihan orang lain. Jadi kalau kita merasa iri hati pada seseorang, maka sudah pasti karena seseorang tersebut memiliki kelebihan daripada kita. Seperti halnya yang dirasakan oleh kakak-kakaknya Yusuf. Mereka merasa iri dengan Yusuf karena mereka merasakan dan melihat kelebihan-kelebihan Yusuf. Lalu apa saja kelebihan Yusuf tersebut? Berikut uraiannya :

1. Yusuf lebih disayangi oleh ayahnya 
Kejadian 37 : 2
Israel lebih mengasihi Yusuf dari semua anaknya yang lain, sebab Yusuf itulah anaknya yang lahir pada masa tuanya

2. Yusuf mempunyai jubah yang lebih indah dari kakak-kakaknya
Kejadian 37 : 2
dan ia menyuruh membuat jubah yang maha indah bagi dia.

3. Yusuf mempunyai talenta lebih dari kakak-kakaknya yaitu talenta mimpi
Kejadian 37 : 4 - 9
Pada suatu kali bermimpilah Yusuf, lalu mimpinya itu diceritakannya kepada saudara-saudaranya; sebab itulah mereka lebih benci lagi kepadanya. Karena katanya kepada mereka: "Coba dengarkan mimpi yang kumimpikan ini:Tampak kita sedang di ladang mengikat berkas-berkas gandum, lalu bangkitlah berkasku dan tegak berdiri; kemudian datanglah berkas-berkas kamu sekalian mengelilingi dan sujud menyembah kepada berkasku itu." Lalu saudara-saudaranya berkata kepadanya: "Apakah engkau ingin menjadi raja atas kami? Apakah engkau ingin berkuasa atas kami?" Jadi makin bencilah mereka kepadanya karena mimpinya dan karena perkataannya itu. Lalu ia memimpikan pula mimpi yang lain, yang diceritakannya kepada saudara-saudaranya. Katanya: "Aku bermimpi pula: Tampak matahari, bulan dan sebelas bintang sujud menyembah kepadaku."

Sekarang, apakah kelebihan Yusuf menjadikan kakak-kakaknya berhak iri kepadanya?! Tidak sama sekali! Kakak-kakaknya Yusuf gagal menyadari bahwa selain kelebihan, setiap orang punya kekurangan. Termasuk juga Yusuf. Lagipula Kakak-kakaknya Yusuf pastinya juga punya kelebihan masing-masing. Namun kelebihan mereka berbeda dari Yusuf dan mungkin tidak "seheboh" kelebihan Yusuf. 
Daripada membanding-bandingkan diri dengan Yusuf seharusnya kakak-kakaknya Yusuf bersyukur saja atas apa yang mereka miliki dan bersyukur juga dengan kenyataan bahwa mereka memiliki adik seperti Yusuf. 


IBRANI 13 : 5
"... dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu."



SELAMAT MENERIMA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU