GIVEBACK : BAIK-BAIK SAJA


Ketika hidup sedang tidak baik kepadamu dan orang-orang bertanya bagaimana kabarmu, tentunya sebagai orang dewasa, kau merasa wajib untuk menjawab mereka dengan berkata : "Aku baik-baik saja", meski bukan begitu kenyataannya. Namun ada kabar baik bagimu saat ini juga. Sesungguhnya, kau memang akan baik-baik saja selama kau memilih melakukan firmanNYA. Berikut cara-cara mudah untuk kamu tetap baik-baik saja walau saat melalui masa-masa yang susah :

1. PIKIRKAN YANG BAIK 

Semua dimulai dari pikiran kita. Setidakbaik apapun perasan kita, kalau kita terus mengisi pikiran kita dengan hal-hal yang baik maka pada akhirnya hati kita akan ikut terbawa merasa baik juga.
Jadi terus suapi pikiran kita dengan semua yang baik. Misal, daripada menyesali kerugian yang terlanjur terjadi, kita bisa menghitung berkat-berkat yang masih kita miliki . Ataupun, daripada menyesali satu demi satu peristiwa, kita bisa mulai menyusun rencana untuk ke depannya.

Filipi 4 : 8
Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

2. LAKUKAN YANG BAIK

Ketika perasan kita tidak baik, kita biasanya enggan melakukan apa-apa. Apalagi keluar untuk pergi ke mana-mana. Maunya diam atau mengurung diri saja. Padahal saat-saat tersebut adalah waktu yang tepat untuk kita berbuat baik kepada diri kita sendiri dengan cara mendekatkan diri kepada TUHAN. Kita bisa mengadu dengan doa-doa kita dan dipulihkan lewat pujian dan penyembahan kita kepadaNYA.
Kita juga akan merasa baik saat kita melakukan hal-hal yang baik untuk sesama kita. Kita akan merasa berguna dan berharga ketika kita tahu bahwa kita masih bisa membuat orang lain merasa bahagia. Saat kita menolong orang lain, tanpa kita sadari, sebenarnya kita sedang menolong diri kita sendiri.

Filipi 4 : 5 - 6
Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat!
Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

3. MERASA BAIK 

Perasaan kita adalah tanggung jawab kita sendiri. Karena perasaan kita sebenarnya bukan ditentukan oleh apa yang terjadi pada kita. Namun perasaan kita adalah hasil dari pilihan kita sendiri. Jika kita memilih yang baik maka kita akan merasa baik.
Kalau kita merasa disakiti oleh suatu peristiwa atau seorang sesama manusia, kita bisa memilih untuk marah dan membencinya. Atau kita bisa memilih menerima kenyataan dan mengampuni diri kita dan diri orang lain tersebut.
Tidak ada yang bisa membuat kita merasa baik kalau kita memilih untuk merasa tidak baik. Bahkan tidak TUHAN sekalipun. Karena TUHAN menolong orang yang menolong dirinya sendiri.


Filipi 4 : 4
Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!

FILIPI 4 : 7
Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.


SELAMAT MENERIMA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU