GIVEBACK : TIPS BUAT KAMU YANG LAGI SEDIH


1. JANGAN DIAM SAJA

Meskipun hati kita susah, tetaplah melakukan apa yang biasa kita lakukan. Tetap bekerja. Tetap pergi keluar rumah dan bertemu dengan sesama. Jangan menutup diri. Jangan juga jadi mogok makannya. Dengan begitu, kita jadi tidak berfokus hanya kepada kesedihan kita. 
Kita bahkan bisa memanfaatkan kesedihan kita sebagai inspirasi. Entah itu dalam menghasilkan karya seni atau membuat kita lebih berempati kepada sesama kita yang melalui kesedihan yang sama. Dan siapa tahu?! Bisa saja kita menemukan penghiburan atau jawaban untuk kesedihan kita ternyata pada saat kita sedang dalam kegiatan yang kita lakukan.

Nehemia 2 : 1 - 2

1. Pada bulan Nisan tahun kedua puluh pemerintahan raja Artahsasta, ketika menjadi tugasku untuk menyediakan anggur, aku mengangkat anggur dan menyampaikannya kepada raja. Karena aku kelihatan sedih, yang memang belum pernah terjadi di hadapan raja, ...

2. JANGAN DIPENDAM SENDIRI

Ketika berduka, kita harus menerima kenyataan atau keadaan kita. Jangan pernah sekali-kali menyangkalinya karena sedih itu bukan aib atau dosa. Dan lagi itu hanya akan membuat kesedihan kita bertambah-tambah.
Setelah itu, temukanlah orang yang tepat atau yang benar-benar peduli dengan kita lalu ceritakanlah kesedihan itu kepada mereka. Bisa atau tidaknya mereka membantu memberikan jalan keluar bukanlah suatu masalah. Dengan berbagi sedih saja, kita  sebenarnya sudah berhasil mengurangi beban hati kita. 

Nehemia 2 : 2 - 4

2. bertanyalah ia kepadaku: "Mengapa mukamu muram, walaupun engkau tidak sakit? Engkau tentu sedih hati."
3. Jawabku kepada raja: "Hiduplah raja untuk selamanya! Bagaimana mukaku tidak akan muram, kalau kota, tempat pekuburan nenek moyangku, telah menjadi reruntuhan dan pintu-pintu gerbangnya habis dimakan api?"
4. Lalu kata raja kepadaku: "Jadi, apa yang kauinginkan?" ...

3. JANGAN LUPA KEPADA YANG MAHA TINGGI

Kesedihan biasanya dikaitkan dengan masa kelam dan dalam kegelapan manusia tidak hanya bisa lupa diri tapi juga lupa pada pencipta diri yaitu TUHAN yang Maha Tinggi. Maka saat kesedihan datang melanda, kita jangan lupa apalagi berhenti untuk berdoa. Karena memang cuma TUHAN yang paling mengerti kita dan cuma TUHAN juga yang berkuasa atas segala sesuatunya. Termasuk kesedihan kita. 
Dengan berdoa kita bisa merasakan kasihNYA, menerima pertolonganNYA dan mendapatkan anugrahNYA untuk bisa melihat kebaikan dibalik semua kesedihan kita itu.

Nehemia 2 : 4
4. ... Maka aku berdoa kepada Allah semesta langit,

Demikian 3 tips untuk kamu yang lagi pada sedih. Sekarang jangan sedih lagi ya :)

Mazmur 13
2. (13-3) Berapa lama lagi aku harus menaruh kekuatiran dalam diriku, dan bersedih hati sepanjang hari? 

https://www.youtube.com/watch?v=fmYmhqIQM-g



SELAMAT MENERIMA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU