GIVEBACK : HORMAT KEPADA ORANG TUA


LUKAS 2 : 41 - 52

* TELADAN YESUS MENGHORMATI ORANG TUA

1. Mau berkomunikasi dengan jujur

Kadang, untuk menghindari konflik, kita sebagai anak lebih memilih tidak mengatakan yang sebenarnya. Atau mengatakan sebenarnya namun tidak semuanya. Akan tetapi, kejujuran adalah jalan yang paling benar. Hanya saja kita perlu bijak dalam menyampaikannya. Kalau memang bisa, jangan sampai menyakiti perasaan orang tua kita. Tidak sependapat itu biasa. Jangan sampai itu menjadi pemisah antara kita dan orang tua kita.

Lukas 2 : 48 - 49
Dan ketika orang tua-Nya melihat Dia, tercenganglah mereka, lalu kata ibu-Nya kepada-Nya: "Nak, mengapakah Engkau berbuat demikian terhadap kami? Bapa-Mu dan aku dengan cemas mencari Engkau." Jawab-Nya kepada mereka: "Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?"

2. Mau diasuh (diajar) 

Meskipun kita sudah tahu banyak hal, tidak apa mendengarkannya lagi dari orang tua kita. Kadang, sejujurnya mereka cuma ingin didengar saja. Dan jangan menyalahkan artikan mau diajar dengan selalu menurut. Selama yang diajarkan orang tua kita itu sesuai dengan firman TUHAN, maka kita sewajarnya menaati mereka. Namun kalau sudah menyimpang, kembali lagi ke langkah yang pertama, yaitu jujur menyatakan ketidakmauan atau ketidaksamaan kita.

Lukas 2: 51
Lalu Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka.


* UPAH MENGHORMATI ORANG TUA

1. Bertambah bijaksana

Bergaul dengan orang yang lebih tua itu sebenarnya tidak kalah menyenangkannya dengan bergaul dengan orang yang sebaya kita. Apalagi kalau mereka kebetulan orang tua kita sendiri. Bisa membuat kita belajar melihat melalui cara pandang mereka. Sehingga pikiran kita tidak sempit dan kita lebih bisa memahami banyak hal lagi selain dari apa yang sudah kita pelajari sebelumnnya.

Lukas 2 : 52
Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya

2. Disayang Tuhan dan sesama

Siapa yang tidak sayang sama anak baik-baik?! TUHAN menghargai kebaikan kita terhadap orang tua kita karena itu memang seturut dengan perintahNYA. Dan lagi, orang-orang yang menyaksikan kebaikan kita kepada orang tua kitapun jadi terhibur karena melihat masih ada kasih yang tersisa di akhir zaman ini. Juga diteguhkan untuk melakukan hal yang sama terhadap orang tua mereka.

Lukas 2 : 52
dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.


Keluaran 20 : 12
"Hormatilah ayahmu dan ibumu..."



SELAMAT MENERIMA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU