GIVEBACK : BAGAIMANA SIH HARUSNYA MENGHADAPI PEMBULLY?


Dalam satu hari, Daud muda harus menghadapi dua orang pembully. Mereka adalah Eliab (abang kandung Daud sendiri) dan seorang raksasa asing yang memakai baju perang lengkap dengan berat mencapai puluhan kilogram bernama Goliat.

Lalu, apa yang dilakukannya? Daud lebih banyak bergaul dengan kambing domba selama menggembala. Lalu apakah dia memilih menggunakan hukum rimba?! TIDAK. Daud hanya melakukan tiga hal ini dan pada akhirnya TUHAN memberinya kemenangan. Jangan cuma iri, yuk kita sama-sama pelajari!

1. Jangan diam.

Katakan sesuatu. Bilang kalau kamu tidak seperti apa yang mereka tuduhkan. Bilang kalau kamu tidak suka mereka begitukan. Bilang saja! 
Sering kali karena terkaget-kaget menerima sebuah perundungan, kita jadi terdiam. Tentu saja itu normal. Namun yang tidak normal adalah ketika kita pasrah dan menerima begitu saja. Kalau kamu tidak atau belum berani bicara langsung kepada pembullymu, maka berbagilah dengan orang yang bisa kamu percaya atau pihak lain yang punya kapasitas untuk menolongmu.Pokoknya pastikan suaramu keluar ya guys!

I Samuel 17:29 Tetapi jawab Daud: "Apa yang telah kuperbuat? Hanya bertanya saja!

2. Pergi/menjauhi

Lakukan sesuatu. Berbaik hatilah kepada dirimu dengan belajar pergi. Kadang pembully kita kebetulan adalah orang yang dekat bahkan yang kita kasihi. Dan kita tidak punya hati untuk melawan mereka karena tidak ingin menyakiti. Namun mengasihi tidak mesti selalu bersama. Lagipula kita harus mengasihi diri kita terlebih dahulu untuk bisa mengasihi sesama. Dan salah satu caranya adalah dengan pergi atau menjauhi.  

I Samuel 17:30 Lalu berpalinglah ia dari padanya kepada orang lain dan menanyakan yang sama. Dan rakyat memberi jawab kepadanya seperti tadi.

3. Andalkan TUHANmu 

Berdoa selalu. Ketika kamu sudah melakukan bagianmu, maka serahkan sisanya (bagian terberatnya) kepada yang Maha kuasa. Karena cuma TUHANlah yang bisa mengubah hati pembullymu. TUHAN juga yang bisa mengendalikan segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikanmu. Jadi mendekatlah kepadaNya, DIA pembela yang setia.

I Samuel 17:45 Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu.

YESAYA 41 : 10
janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau;


Selamat menerima

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU