GIVEBACK : TAAT MESTI LENGKAP



KEJADIAN 22 : 2 – 18



ABRAHAM DISEBUT SEBAGAI BAPA ORANG PERCAYA BUKAN DENGAN ALASAN SIA-SIA. DIA SUDAH MEMBUKTIKAN DENGAN BANYAK CARA DAN DALAM BANYAK PERISTIWA. SALAH SATU DIANTARANYA ADALAH SAAT DIA MEMPERSEMBAHKAN ISHAK ANAKNYA.
LALU APA SAJA SYARAT SESEORANG BISA DIKATAKAN SUDAH TAAT?! SYARATNYA ADALAH DENGAN MELAKUKAN APA YANG DIMINTA/DIPERINTAHKAN DENGAN LENGKAP. DAN APA SAJA UNSUR YANG HARUS DIPENUHI UNTUK MENJADI LENGKAP?! BERIKUT RINCIANNYA.

1. TIDAK MEMBANTAH

WAKTU TUHAN MEMINTA ISHAK, ABRAHAM TIDAK MAIN TAWAR-MENAWAR DENGAN TUHAN. DIA TIDAK MENGUSULKAN  ISMAEL (ANAK TUNGGALNYA DARI HAGAR) SAJA SEBAGAI GANTINYA.

AY 2

(2) Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu." 

2. TIDAK SETENGAH-SETENGAH

WAKTU ABRAHAM MEMBAWA ISHAK, DIA TIDAK LUPA MEMBAWA PERLENGKAPAN UNTUK MEMPERSEMBAHKAN YAITU KAYU BELAH, TALI, API & PISAU. DIA JUGA MENDIRIKAN MEZBAH UNTUK MELETAKAN ISHAK DIATASNYA KARENA SUDAH BENAR-BENAR MENETAPKAN HATI UNTUK MEMBERIKAN ISHAK KEPADA TUHAN. DAN BISA JADI ABRAHAM JUGA SENGAJA MENINGGALKAN KEDUA BUJANGNYA SUPAYA MEREKA TIDAK BISA MENCEGAH ABRAHAM MENGHABISI ISHAK.

AY 3 – 6 ; 9 - 10

(3) Keesokan harinya pagi-pagi bangunlah Abraham, ia memasang pelana keledainya dan memanggil dua orang bujangnya beserta Ishak, anaknya; ia membelah juga kayu untuk korban bakaran itu, lalu berangkatlah ia dan pergi ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya.(4) Ketika pada hari ketiga Abraham melayangkan pandangnya, kelihatanlah kepadanya tempat itu dari jauh. (5) Kata Abraham kepada kedua bujangnya itu: "Tinggallah kamu di sini dengan keledai ini; aku beserta anak ini akan pergi ke sana; kami akan sembahyang, sesudah itu kami kembali kepadamu. (6) Lalu Abraham mengambil kayu untuk korban bakaran itu dan memikulkannya ke atas bahu Ishak, anaknya, sedang di tangannya dibawanya api dan pisau. Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.

(9) Sampailah mereka ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya. Lalu Abraham mendirikan mezbah di situ, disusunnyalah kayu, diikatnya Ishak, anaknya itu, dan diletakkannya di mezbah itu, di atas kayu api.(10) Sesudah itu Abraham mengulurkan tangannya, lalu mengambil pisau untuk menyembelih anaknya.



3. TIDAK MENUNDA-NUNDA

WAKTU ABRAHAM MENDENGAR PERINTAH TUHAN, DIA LANGSUNG MENAATINYA KEESOKAN HARINYA. DAN TIDAK MENUNGGU BESOKNYA LAGI ATAU MENUNGGU ISHAK SAMPAI DEWASA. LANGSUNG DI PAGI HARINYA.

AY 3; 10 & 13

(3) Keesokan harinya pagi-pagi bangunlah Abraham, ia memasang pelana keledainya dan memanggil dua orang bujangnya beserta Ishak, anaknya; ia membelah juga kayu untuk korban bakaran itu, lalu berangkatlah ia dan pergi ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya.
(10) Sesudah itu Abraham mengulurkan tangannya, lalu mengambil pisau untuk menyembelih anaknya.
(13) Lalu Abraham menoleh dan melihat seekor domba jantan di belakangnya, yang tanduknya tersangkut dalam belukar. Abraham mengambil domba itu, lalu mengorbankannya sebagai korban bakaran pengganti anaknya.


SEBAGAI BALASAN KETAATAN ABRAHAM, TUHAN TIDAK LALAI MEMBERIKAN UPAH. ABRAHAM BOLEH MEMELIHARA ISHAK (TIDAK MELIHAT ISHAK MATI) DAN JUGA UPAH LAINNYA YANG TIDAK HANYA DALAM PORSI GANDA MELAINKAN BERLIMPAH-LIMPAH.

AY 12; 17 - 18
 (12) Lalu Ia berfirman: "Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku."
(17) maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya. (18) Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku."

AMSAL 13 : 13
"...tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan."

SELAMAT MENERIMA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GIVEBACK : CARA TUHAN MENYELAMATKAN BAYI MUSA

GIVEBACK : TAAT ITU MENGHEMAT WAKTU

GIVEBACK : TIGA TANDA SESEORANG BENAR-BENAR MENGASIHIMU